Cari Blog Ini

Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Jumat, 07 Juli 2017

Cara Menyeduh Kopi

Cara Menyeduh Kopi
Kopi bersifat pribadi - Cara menyeduh kopi yang tepat adalah bagaimana Anda menyukainya. Dengan menguasai beberapa dasar akan membantu Anda menyempurnakan teknik Anda. Setelah ini, kami menganjurkan Anda untuk bereksperimen dengan metode, asal biji kopi, atau persiapan yang berbeda. Inilah tip kami untuk menyeduh secangkir kopi klasik.
Biji kopi yang baru disangrai sangat penting untuk secangkir kopi berkualitas,


Perlengkapan

Pastikan alat Anda - dari penggiling dan penyaring biji kopi sampai pembuat kopi - dibersihkan dengan saksama setiap habis digunakan. Bilas dengan air bersih yang hangat, dan keringkan dengan handuk penyerap. Penting untuk dicek bahwa tidak ada kerak yang tersisa atau terkumpul dan tidak ada sisa minyak kopi (caffeol), yang bisa membuat kopi terasa pahit dan tengik.


Biji Kopi

Kopi yang nikmat dimulai dari biji kopi yang baik. Kualitas dan rasa kopi Anda tidak hanya ditentukan oleh proses pembuatan kopi favorit Anda, tapi juga dengan jenis biji kopi yang Anda pilih. Ada begitu banyak perbedaan antara setiap proses dari pemanggangan, penggilingan sampai penyeduhan. Beberapa faktor rasa meliputi:
  • Negara dan wilayah asal
  • Varietas biji kopi - arabika, robusta - atau campuran
  • Jenis pemanggangan
  • Tekstur giling Anda
Meskipun ada banyak pilihan, ingatlah bahwa tidak ada yang benar atau salah, silahkan mencoba dan menikmati kombinasi yang berbeda yang anda sukai.

Kesegaran

Beli kopi sesegera mungkin setelah disangrai. Biji kopi yang baru disangrai sangat penting untuk secangkir kopi berkualitas, jadi beli kopi Anda dalam jumlah sedikit agar kenikmatan terjaga (idealnya setiap satu sampai dua minggu). Dan jangan menggunakan kembali sisa kopi Anda untuk membuat kopi. Setelah diseduh, rasa kopi yang diinginkan telah diekstraksi dan hanya yang pahit (ampas) yang tersisa. 


Menggiling

Jika Anda membeli biji kopi utuh, selalu giling biji kopi Anda sedekat mungkin dengan waktu pembuatan minuman untuk kenikmatan maksimal. Penggiling burr atau mill adalah yang terbaik karena biji kopi dihaluskan dengan ukuran yang konsisten. Penggiling pisau kurang disukai karena sebagian biji kopi akan digiling lebih halus dari yang lain. Ukuran hasil penggilingan sangat penting untuk rasa kopi Anda. Jika kopi Anda terasa pahit, mungkin terlalu banyak terekstraks, atau digiling terlalu halus. Di sisi lain, jika kopi Anda terasa ‘datar’, itu mungkin kurang terekstraksi, artinya hasil gilingan Anda terlalu kasar.


Air

Air yang Anda gunakan sangat penting untuk kualitas kopi Anda. Gunakan air kemasan jika air keran Anda tidak baik atau memiliki bau atau rasa yang kuat, seperti klorin. Jika Anda menggunakan air keran, biarkan beberapa detik sebelum mengisi teko kopi Anda, dan pastikan untuk menggunakan air dingin.

Rasio Kopi terhadap Air

Pedoman umum disebut "Golden Ratio" - satu sampai dua sendok makan bubuk kopi untuk setiap 180 ml air (1 cangkir kecil). Hal ini dapat disesuaikan agar sesuai selera masing-masing individu.

Suhu air



Pembuat bir Anda harus menjaga suhu air sekitar 100 derajat Celcius untuk ekstraksi optimal. Air yang lebih dingin akan menghasilkan kopi yang kurang terekstrak, sedangkan air yang terlalu panas juga akan menyebabkan hilangnya kualitas rasa kopinyaJika Anda menyeduh kopi secara manual, biarkan air mendidih, tapi jangan terlalu mendidih. Matikan sumber panas dan biarkan air beberapa saat sebelum menuangkan bubuk kopiSelalu biarkan kopi Anda - atau minuman panas - untuk mencapai suhu yang nyaman sebelum dinikmati (khususnya di bawah 60 derajat Celcius).

Tidak ada komentar:
Write komentar